Senin, 11 Juli 2011

KEHEBATAN MADU SIALANG

MADU SIALANG
Adalah madu yang berasal dari kelompok lebah yang hidup  dan bersarang dipohon-pohon sialang . diantaranya sulur batang, pauh rusa dan cimpedak air. pohon sialang  merupakan jenis pohon yang dilindungi baik hukum undang2 pemeritah maupun hukum adat.hal ini di maksudkan agar kelestarian pohon tersebut tetap terpelihara sebagai tempat bersarangnya lebah yang menghasilkan madu sebagai salah satu sumber  penghasilan masyarakat desa sekitar hutan.
     Sialang adalah jenis pohon yang besar dan tinggi batangnya,diameter batang bisa mencapai 100 cm dan tinggi 25 -  50 meter. Satu pohon sialang bisa berisi 30 - 100 koloni sarang, dimana tiap sarang bisa berisi 10 kg madu asli.
     Proses pengambilan madu terbilang unik, karena dilakukan oleh sekelompok orang ( pawang madu) dan dilakukan khusus pada siang hari agar anakan madu tidak ikut terperas bersama sarang dan madu tidak berubah menjadi hitam dan asam.Sarang madu yang menyimpan madu di panen oleh pawang madu, diturunkan ke tukang sambut, ditiris kemudian di peras untuk di ambil madunya. madu dari pohon memiliki kandungan air yang relatif tinggi sekitar 22 - 24 %.
      Madu sialang adalah madu asli yang berasal dari hutan sumatera yang dihinggapi oleh lebah hutan (apis dorsata) yang kandunganya tidak terpisahkan antara madu asli dan royal jelly.

HASIL PENGUJIAN LABORATORIUM NO. 
6346/LHU/Bd/Bp./VIII/2004
  • Aktifitas enzim diatase : 4.96 DN
  • Kadar air : 21.2%
  • Keasaman : 49.1 mlnaOH/kg
  • HMF : negatif
  • Cemaran logam : Negatif
  • Padatan tak larut dalam air : 0,10%
  • gula pareduksi : 65.4 %
  • Sukrosa 10.2 %
KANDUNGAN dan manfaat madu
     Madu memiliki kandungan yang sangat banyak dan bermanfaat bagi manusia, diantaranya :
GULA ( glukosa dan fruktosa)
MINERAL ( kalsium, potassium, magnesium, sodium, klorin, sulfur, besi, dan fosfor )
VITAMIN ( B1, B2, B3, B5, B6, DAN C)
Kandungan polipepsida, asam amino, dan juga lemak madu hampir sama dengan susu sapi, sehingga madu dapat menggantikan fungsi dari susu sapi. selain itu madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa macam hormon, tenbaga, iodium, dengan kata lain hampir segala yang diperlukan oleh tubuh manusia.
     Madu melindungi tubuh dari keluhan penyempitan kapiler ( cspillary) dan anti arteriosklerosis ( saluran darah ke jantung ) dan juga membunuh bakteri.bila diminum dengan air dingin madu menyatu kedalam aliran darah hanya dalam waktu 7 ( tujuh ) menit, dengan demikian madu merupakan unsur penyembuh cepat dan bagus untuk tubuh, apabila di campur air  sangat mujarab dengan kandungan kualitas antiseptic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar